Kamis, 02 April 2009

Cisco Dorong Medianet Generasi Baru bagi Video


JAKARTA - Cisco mengenalkan teknologi dan solusi baru yang memungkinkan jaringan Internet Protocol (IP) menjadi platform baru generasi berikutnya dari aplikasi dan layanan video dan konten kaya akan media.

Teknologi baru itu dirancang untuk menghadirkan pengalaman tingkat tinggi dari komunikasi, kolaborasi dan hiburan melalui pengoptimalan video dan konten kaya akan media atau disebut sebagai 'medianet', yang memanfaatkan jaringan operator telekomunikasi, bisnis dan rumahan.

"Jaringan Internet dan IP yang sudah kita kenal sedang berubah," kata Senior Vice President, Emerging Technology Group Cisco, Marthin De Beer dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/4/2009).

Menurut Beer, sebentar lagi, 90 persen dari lalu lintas jaringan konsumen akan berupa video dan konten kaya akan media, dan teknologi serta perangkat medianet baru akan mendorong evolusi tidak hanya ke jaringan baru tapi juga pengalaman luar biasa yang dimungkinkan dengan menggabungkan video, konten kaya akan media, suara dan data di sebuah platform jaringan tunggal.


Komunikasi berbasis data mulai digantikan oleh video dan konten lain yang kaya akan media, yang menaruh beban di pondasi arsitektur jaringan umum dan privat yang digunakan oleh konsumen dan bisnis.

Berdasarkan data Cisco Visual Networking Index (VNI) Forecast untuk tahun 2007-2012, konten video siaran profesional ataupun tradisional akan menjadi 80 persen dari seluruh video Internet yang dilihat di komputer atau laptop pada tahun 2012. Selain itu, lalu-lintas konten video yang dibuat sendiri oleh pengguna akan meningkat tiga kali lipat dari 2008 hingga 2012. (srn)

No response to “Cisco Dorong Medianet Generasi Baru bagi Video”

Posting Komentar